RPP Bahasa Indonesia kls XI SMA

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran                : Bahasa Indonesia

Kelas/ Semester               : XI/ 1

Pertemuan ke                  :

Alokasi Waktu                : 90 menit

 

A. Kompetensi Dasar

2.1  Menjelaskan secara lisan uraian   topik tertentu dari hasil membaca (artikel atau buku)   

 

B. Indikator

  • Mendata pokok-pokok isi artikel/ buku yang diperoleh dari hasil membaca
  • Menyampaikan (secara lisan) isi artikel dengan memperhatikan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar

Mengemukan hal-hal yang menarik dalam artikel/ buku yang telah dibacanya dengan memberikan alasan

 

C. Materi Pokok

  • artikel/ buku
  • pokok-pokok isi artikel/ buku
  • hal-hal yang menarik dalam artikel/ buku
  • argumentasi pendapat

 

D. Skenario Pembelajaran

No.

Kegiatan

Alokasi swaktu

Metode

1

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

3

 

Pendahuluan

Orientasi teknik menyampaikan informasi

Inti

  • Membaca artikel/ buku
  • Mendata pokok-pokok isi artikel/ buku yang diperoleh dari hasil membaca
  • Menyampaikan (secara lisan) isi artikel  dengan memperhatikan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar
  • Mengemukan hal-hal yang menarik dalam artikel/ buku yang telah dibacanya dengan memberikan alasan

Penutup

Penguatan keterampilan berbicara dengan latihan-latihan

5 menit

 

70 menit

 

 

 

 

 

 

15 menit

 

Ceramah

Tanya jawab

diskusi

 

E. Media

  1. Buku/ artikel dari media cetak/ elektronik
  2. Buku Kompeten Berbahasa Indonesia, Erlangga, Jakarta

 

F. Evaluasi

 

Jenis Tagihan:

  • praktik
  • tugas individu
  • tugas kelompok

 Bentuk Instrumen:

  • unjuk kerja
    • format pengamatan

 

……………………………,

Guru Mata Pelajaran

 

 

                                                                                                               ……………………………

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran    : Bahasa Indonesia

Kelas/ Semester   : XI/ 1

Pertemuan ke                  :

Alokasi Waktu    : 90 menit

 

A. Kompetensi Dasar

    3.1  Menemukan perbedaan paragraf induktif dan deduktif melalui kegiatan membaca intensif

 

B. Indikator

  • Menemukan kalimat yang mengandung gagasan utama pada paragraf
  • Menemukan kalimat penjelas yang mendukung gagasan utama
  • Menemukan letak ide pokokik paragraf induktif dan deduktif
  • Mengidentifikasi ciri paragraf induktif dan deduktif
  • Menjelaskan perbedaan antara  paragraf induktif dengan induktif
  • Mengidentifikasi frasa nominal dalam paragraf

induktif dan deduktif

 

C. Materi Pokok

 

Contoh-contoh paragraf  yang berpola deduktif dan induktif

  • · kalimat  utama
  • · kalimat penjelas
  • · kalimat  kesimpulan
  • · ciri paragraf deduktif/ induktif
  • · perbedaan deduktif dengan induktif

 

D. Skenario Pembelajaran

No.

Kegiatan

Alokasi swaktu

Metode

1

 

2

 

 

 

 

 

 

 

3

 

Pendahuluan

Pengantar konsep paragraf deduktif  dan induktif

Inti

  • Membaca paragraf berpola deduktif dan induktif
  • Mengidentifikasi ciri paragraf induktif dan deduktif
  • Menjelaskan perbedaan antara  paragraf deduktif dengan induktif
  • Mengidentifikasi frasa nominal dalam paragraf induktif dan deduktif
  • Menemukan letak ide pokok paragraf

Penutup

Penguatan keterampilan membaca intensif paragraf deduktif dan induktif

5 menit

 

70 menit

 

 

 

 

 

 

15 menit

 

Ceramah

Tanya jawab

diskusi

inkuiri

 

E. Media

 1.   Buku yang terkait dengan paragraf artikel/ berita dari media cetak/ elektronik

  1. Buku Kompeten Berbahasa Indonesia, Erlangga, Jakarta

 

F. Evaluasi

 

Jenis Tagihan:

  • tugas individu
  • tugas kelomp
  • ulangan

 

Bentuk Instrumen:

  • uraian bebas
  • pilihan ganda

jawaban singkat

 

……………………………,

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

                                                                                                               ……………………………

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran    : Bahasa Indonesia

Kelas/ Semester   : XI/ 1

Pertemuan ke                  :

Alokasi Waktu    : 90 menit

 

A. Kompetensi Dasar

4.2  Menulis surat dagang dan surat kuasa

 

B. Indikator

 

  • Mendaftar jenis surat  niaga
  • Menulis surat perjanjian  jual – beli dan surat  kuasa sesuai dengan  keperluan
  • Menjelaskan isi surat  jual-beli dan surat kuasa
  • Memperbaiki  surat perjan-jian jual beli dan surat kuasa hasil tulisan teman berdasarkan struktur kalimat dan EyD

 

C. Materi Pokok

Beberapa contoh surat perjanjian jual beli dan surat kuasa

  • ciri-ciri surat perjanjian jual beli dan surat kuasa
  • unsur-unsur surat perjanjian jual beli dan surat kuasa
  • sistematika surat perjanjuan jual bei dan surat kuasa

 

D. Skenario Pembelajaran

No.

Kegiatan

Alokasi swaktu

Metode

1

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

3

 

Pendahuluan

Pengantar konsep surat niaga dan ilustrasinya

Inti

  • Mendaftar jenis surat  Niaga
  • Membaca surat perjanjian jual beli dan surat kuasa
  •  Menulis surat perjanjian  jual beli dan surat kuasa sesuai dengan  keperluan
  • Mendiskusikan surat perjanjian jual-beli dan surat kuasa yang telah dibuat
  • Memperbaiki  surat perjanjian jual beli  dan surat kuasa tulisan teman berdasarkan struktur kalimat dan EyD

Penutup

Penguatan keterampilan menulis surat niaga

 

5 menit

 

 

70 menit

 

 

 

 

 

 

 

15 menit

 

Ceramah

Tanya jawab

diskusi

simulasi

 

E. Media

      1.   Buku yang terkait dengan surat-menyurat, buku EyD

  1. Buku Kompeten Berbahasa Indonesia, Erlangga, Jakarta

 

F. Evaluasi

 

Jenis Tagihan:

  • tugas individu
  1. tugas kelompok
  2. ulangan

 

Bentuk Instrumen:

  • uraian bebas
  1. pilihan ganda

jawaban singkat

……………………………,

Guru Mata Pelajaran

 

 

                                                                                                               ……………………………

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran    : Bahasa Indonesia

Kelas/ Semester   : XI/ 1

Pertemuan ke                  :

Alokasi Waktu    : 90 menit

 

A. Kompetensi Dasar

               7.1      Menemukan unsur-unsur intrinsik  dan ekstrinsik hikayat

 

B. Indikator

  • Mengidentifikasi ciri hikayat sebagai bentuk karya sastra lama
  • Menemukan unsur-unsur intrinsik ( alur, tema,  penokohan, sudut pandang, latar, dan amanat) dalam hikayat
  • Menceritakan kembali isi hikayat dengan bahasa sendiri

 

C. Materi Pokok

Teks hikayat

  • · ciri-ciri hikayat
  • · unsur-unsur intrinsic ( alur, tema,  penokohan, sudut pandang, latar, dan amanat)

 

D. Skenario Pembelajaran

No.

Kegiatan

Alokasi swaktu

Metode

1

 

2

 

 

 

 

 

 

 

3

 

Pendahuluan

Pengantar konsep struktur hikayat

Inti

  • Membaca teks hikayat
  • Mengidentifikasi ciri hikayat sebagai bentuk karya sastra lama
  • Menemukan unsur-unsur intrinsik ( alur, tema,  penokohan, sudut pandang, latar, dan amanat) dalam hikayat
  • Menceritakan kembali isi hikayat dengan bahasa sendiri

Penutup

Penguatan pemahaman isi cerita hikayat dengan analisis unsur intrinsik dan ekstrinsiknya

 

5 menit

 

70 menit

 

 

 

 

 

 

15 menit

 

Ceramah

Tanya jawab

diskusi

inkuiri

 

 

E. Media

      1.   Buku hikayat

  1. Buku Kompeten Berbahasa Indonesia, Erlangga, Jakarta

 

F. Evaluasi

Jenis Tagihan:

  • ·tugas individu
  • ·tugas kelompok
  • ·ulangan

Bentuk Instrumen:

  • ·uraian bebas
  • ·pilihan ganda
  • ·jawaban singkat

 

 

 

 

 

……………………………,

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

                                                                                                               ……………………………

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran    : Bahasa Indonesia

Kelas/ Semester   : XI/ 1

Pertemuan ke      :

Alokasi Waktu    : 90 menit

 

A. Kompetensi Dasar

     1.1  Menemukan  pokok-pokok isi sambutan/   khotbah  yang didengar

 

B. Indikator

  • Mencatat pokok-pokok isi sambutan atau khotbah yang didengarkan
  • Menuliskan pokok-pokok isi sambutan tersebut ke dalam beberapa kalimat
  • Menyampaikan (secara lisan) ringkasan sambutan atau khotbah

 

C. Materi Pokok

       Sambutan atau khotbah

  • pokok-pokok isi sambutan
  • ringkasan sambutan/ khotbah
  • tanggapan isi sambutan/ khotbah

 

D. Skenario Pembelajaran

No.

Kegiatan

Alokasi waktu

Metode

1

 

2

 

 

 

 

 

 

3

 

Pendahuluan

Pengantar konsep dan ilustrasi sambutan/ khotbah

Inti

  • Mendengarkan sambutan atau khotbah
  • Menuliskan pokok-pokok isi sambutan tersebut ke dalam beberapa kalimat
  • Menyampaikan (secara lisan) ringkasan sambutan atau khotbah
  • Menanggapi  ringkasan isi sambutan atau khotbah

Penutup

Penguatan internalisasi poko-pokok isi sambutan/ khotbah

 

5 menit

 

70 menit

 

 

 

 

 

 

15 menit

 

Ceramah

Tanya jawab

diskusi

inkuiri

 

E. Media

      1.   tape/ kaset  khotbah

  1. Buku Kompeten Berbahasa Indonesia, Erlangga, Jakarta

 

F. Evaluasi

 

Jenis Tagihan:

  • · tugas individu
  • · ulangan

 

Bentuk Instrumen:

  • · uraian bebas
  • · pilihan ganda

jawaban singkat

……………………………,

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

                                                                                                               ……………………………

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran    : Bahasa Indonesia

Kelas/ Semester   : XI/ 1

Pertemuan ke                  :

Alokasi Waktu    : 90 menit

 

A. Kompetensi Dasar

    2.2  Menjelaskan hasil wawancara tentang tanggapan narasumber terhadap topik tertentu 

 

B. Indikator

  • Mencatat pokok-pokok hasil wawancara topik tertentu
  • Membuat rangkuman  hasil wawancara  dengan kalimat yang efektif
  • Menyampaikan rangkuman hasil wawancara

 

C. Materi Pokok

Wawancara melalui radio atau televisi

  • isi pokok wawancara
  • cara merangkum hasil wawancara
  • tanggapan isi wawancara

 

D. Skenario Pembelajaran

No.

Kegiatan

Alokasi swaktu

Metode

1

 

2

 

 

 

 

 

 

3

 

Pendahuluan

Pengantar konsep dan ilustrasi wawancara

Inti

  • Mendengarkan wawancara melalui radio/ televisi
  • Merangkum seluruh isi pembicaraan dalam beberapa kalimat
  • Menyampaikan (secara lisan) isi rangkuman kepada orang lain
  • Menanggapi (secara lisan) isi rangkuman wawancara

Penutup

Penguatan keterampilan merangkum isi wawancara

5 menit

 

70 menit

 

 

 

 

 

 

15 menit

 

Ceramah

Tanya jawab

diskusi

 

E. Media

      1.   Rekaman wawancara di radio/ televisi

  1. Buku Kompeten Berbahasa Indonesia, Erlangga, Jakarta

 

F. Evaluasi

 

Jenis Tagihan:

  • tugas individu
  • ulangan

 

Bentuk Instrumen:

  • uraian bebas
  • pilihan ganda

jawaban singkat

……………………………,

Guru Mata Pelajaran

 

 

                                                                                                               ……………………………

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran    : Bahasa Indonesia

Kelas/ Semester   : XI/ 1

Pertemuan ke                  :

Alokasi Waktu    : 90 menit

 

A. Kompetensi Dasar

4.3  Menulis surat surat kuasa

 

B. Indikator

 

  • Mengenal surat 
  • Kuasa
  • Mendaftar cirri-ciri  surat kuasa
  • Mencatat hal-hal  yang akaan dituliskan  dalam surat kuasa
  • Menulis surat kuasa sesuai dengan keperluan
  • Menjelaskan isi surat kuasa
  • Memperbaiki  surat kuasa tulisan teman

 

C. Materi Pokok

Beberapa contoh surat perjanjian jual beli dan surat kuasa

  • ciri-ciri surat perjanjian jual beli dan surat kuasa
    • unsur-unsur surat perjanjian jual beli dan surat kuasa
    • sistematika surat perjanjuan jual bei dan surat kuasa

 

D. Skenario Pembelajaran

No.

Kegiatan

Alokasi swaktu

Metode

1

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

3

 

Pendahuluan

Pengantar konsep surat kuasa dan ilustrasinya

Inti

  • Mengenal surat  Kuasa
  • Mendaftar ciri-ciri surat kuasa
  • Menulis dan memperbaiki surat kuasa 
    • Mendiskusikan surat kuasa yang telah dibuat

Penutup

Penguatan keterampilan menulis surat kuasa

 

5 menit

 

 

70 menit

 

 

 

 

 

 

 

15 menit

 

Ceramah

Tanya jawab

diskusi

simulasi

 

 

E. Media

            1.   Buku yang terkait dengan surat-menyurat, buku EyD

  1. Buku Kompeten Berbahasa Indonesia, Erlangga, Jakarta

 

F. Evaluasi

 

Jenis Tagihan:

  • tugas individu
  1. tugas kelompok
  2. ulangan

 

Bentuk Instrumen:

  • uraian bebas
  1. pilihan ganda

jawaban singkat

 

……………………………,

Guru Mata Pelajaran

 

 

                                                                                                               ……………………………

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran    : Bahasa Indonesia

Kelas/ Semester   : XI/ 1

Pertemuan ke                  :

Alokasi Waktu    : 90 menit

 

A. Kompetensi Dasar

    6.1  Menyampaikan dialog disertai gerak-gerik dan mimik, sesuai dengan watak tokoh

 

B. Indikator

  • Membaca dan memahami teks drama yang akan diperankan
  • Menghayati watak tokoh yang akan diperankan 
  • Menyampaikan dialog disertai gerak-gerik dan mimik, sesuai dengan watak tokoh

 

C. Materi Pokok

Naskah drama

  • gerak (action)
  • mimik/ pantomimik
  • blocking
  • tata panggung
  • tata busana
  • tata bunyi
  • tata lampu

 

D. Skenario Pembelajaran

No.

Kegiatan

Alokasi swaktu

Metode

1

 

2

 

 

 

 

 

3

 

Pendahuluan

Pengantar teknik bermain drama

Inti

  • Membaca dan memahami teks drama yang akan diperankan
  • Menyampaikan dialog disertai gerak-gerik dan mimik, sesuai dengan watak tokoh
  • Mendiskusikan penyampaian dialog teman

Penutup

Merencanakan pementasan drama

5 menit

 

70 menit

 

 

 

 

 

 

15 menit

 

Ceramah

Tanya jawab

diskusi

simulasi

demonstrai

 

E. Media

      1.  Teks drama

  1. Buku Kompeten Berbahasa Indonesia, Erlangga, Jakarta

 

 

F. Evaluasi

 

Jenis Tagihan:

  • tugas individu
  • tugas kelompok

Bentuk Instrumen:

  • unjuk kerja

 format pengamatan

 

……………………………,

Guru Mata Pelajaran

 

 

                                                                                                               ……………………………

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran    : Bahasa Indonesia

Kelas/ Semester   : XI/ 1

Pertemuan ke      :

Alokasi Waktu    : 90 menit

 

A. Kompetensi Dasar

     1.1  Menemukan  pokok-pokok isi sambutan yang didengar

 

B. Indikator

  • Mencatat pokok-pokok isi sambutan yang didengarkan
  • Menuliskan pokok-pokok isi sambutan tersebut ke dalam beberapa kalimat
  • Menyampaikan (secara lisan) ringkasan sambutan

 

C. Materi Pokok

       Sambutan atau khotbah

  • pokok-pokok isi sambutan
  • ringkasan sambutan
  • tanggapan isi sambutan

 

D. Skenario Pembelajaran

No.

Kegiatan

Alokasi waktu

Metode

1

 

2

 

 

 

 

 

 

3

 

Pendahuluan

Pengantar konsep dan ilustrasi sambutan

Inti

  1. Mendengarkan sambutan
  2. Menuliskan pokok-pokok isi sambutan tersebut ke dalam beberapa kalimat
  3. Menyampaikan (secara lisan) ringkasan sambutan Menanggapi  ringkasan isi sambutan

Penutup

Penguatan internalisasi poko-pokok isi sambutan

 

5 menit

 

70 menit

 

 

 

 

 

 

15 menit

 

Ceramah

Tanya jawab

diskusi

inkuiri

 

E. Media

      1.  tape/ kaset  sambutan

  1. Buku Kompeten Berbahasa Indonesia, Erlangga, Jakarta

 

F. Evaluasi

 

Jenis Tagihan:

  • · tugas individu
  • · ulangan

 

Bentuk Instrumen:

  1. uraian bebas
  2. pilihan ganda

jawaban singkat

 

……………………………,

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

                                                                                                               ……………………………

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran    : Bahasa Indonesia

Kelas/ Semester   : XI/ 1

Pertemuan ke                  :

Alokasi Waktu    : 90 menit

 

A. Kompetensi Dasar

     2.3  Menjelaskan hasil wawancara tentang tanggapan beberapa narasumber terhadap topik tertentu 

 

B. Indikator

  • Mencatat pokok-pokok hasil wawancara topik tertentu
  • Membuat rangkuman  hasil wawancara  dengan kalimat yang efektif
  • Menyampaikan rangkuman hasil wawancara

 

C. Materi Pokok

Wawancara melalui radio atau televisi

  • isi pokok wawancara
  • cara merangkum hasil wawancara
  • tanggapan isi wawancara

 

D. Skenario Pembelajaran

No.

Kegiatan

Alokasi swaktu

Metode

1

 

2

 

 

 

 

 

 

3

 

Pendahuluan

Pengantar konsep dan ilustrasi wawancara

Inti

  • Mendengarkan wawancara melalui radio/ televisi
  • Merangkum seluruh isi pembicaraan dalam beberapa kalimat
  • Menyampaikan (secara lisan) isi rangkuman kepada orang lain
  • Menanggapi (secara lisan) isi rangkuman wawancara

Penutup

Penguatan keterampilan merangkum isi wawancara

5 menit

 

70 menit

 

 

 

 

 

 

15 menit

 

Ceramah

Tanya jawab

diskusi

 

E. Media

      1.  Rekaman wawancara di radio/ televisi

  1. Buku Kompeten Berbahasa Indonesia, Erlangga, Jakarta

 

F. Evaluasi

 

Jenis Tagihan:

  • tugas individu
  • ulangan

 

Bentuk Instrumen:

  • uraian bebas
  • pilihan ganda

jawaban singkat

……………………………,

Guru Mata Pelajaran

 

 

                                                                                                               ……………………………

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran    : Bahasa Indonesia

Kelas/ Semester   : XI/ 1

Pertemuan ke                  :

Alokasi Waktu    : 90 menit

 

A. Kompetensi Dasar

    4.1  Menulis proposal  untuk  berbagai keperluan

 

B. Indikator

  • Mengidentifikasi  komponen atau unsur-unsur proposal
  • Menulis proposal sesuai dengan keperluan dengan menerapkan kalimat tunggal
  • Membahas proposal dalam kelompok kecil untuk mendapatkan masukan perbaikan

 

C. Materi Pokok

  • Contoh proposal
  • unsur-unsur proposal
  • sistematika proposal

 

D. Skenario Pembelajaran

No.

Kegiatan

Alokasi swaktu

Metode

1

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

3

 

Pendahuluan

Pengantar konsep proposal

Inti

  • Membaca contoh proposal
  • Mengidentifikasi  komponen atau unsur-unsur yang terdapat dalam sebuah proposal
  • Menulis proposal sesuai dengan keperluan dengan menerapkan kalimat kalimat  tunggal dan sistematika yang benar
  • Membahas proposal dalam kelompok kecil untuk mendapatkan masukan perbaikan

 Penutup

Penguatan keterampilan menulis proposal dengan berbagai latihan

5 menit

 

70 menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

15 menit

Ceramah

Tanya jawab

diskusi

demonstrasi

 

E. Media

      1.   buku yang terkait dengan proposal

  1. Buku Kompeten Berbahasa Indonesia, Erlangga, Jakarta

 

F. Evaluasi

 

Jenis Tagihan:

  • tugas kelompok
  • tugas individu
  • ulangan

 

 Bentuk Instrumen:

  1. uraian bebas
  2. pilihan ganda

jawaban singkat

 

 

……………………………,

Guru Mata Pelajaran

 

 

                                                                                                               ……………………………

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran    : Bahasa Indonesia

Kelas/ Semester   : XI/ 1

Pertemuan ke                  :

Alokasi Waktu    : 90 menit

 

A. Kompetensi Dasar

      8.2 Mengaplikasikan prinsip-prinsip penulisan resensi 

 

B. Indikator

 

Menulis resensi novel dengan memperhatikan

u identitas buku

u kepengarangan

u keunggulan buku

u kelemahan buku

u ikhtisar (inti permasalahan) dengan bahasa yang komunikatif dan penggunaan EYD

 

C. Materi Pokok

 

Prinsip-prinsip penulisan resensi

u identitas buku

u kepengarangan

u keunggulan buku

u kelemahan buku

ikhtisar (inti permasalahan) dengan bahasa yang komunikatif dan penggunaan EYD

 

D. Skenario Pembelajaran

No.

Kegiatan

Alokasi swaktu

Metode

1

 

2

 

 

 

 

 

 

 

3

 

Pendahuluan

Pengantar teknik penulisan resensi

Inti

Menulis resensi novel dengan memperhatikan

u identitas buku

u kepengarangan

u keunggulan buku

u kelemahan buku

u ikhtisar (inti permasalahan) dengan bahasa yang komunikatif dan penggunaan EYD

Penutup

Penguatan keterampilan menulis resensi

5 menit

 

 

70 menit

 

 

 

 

 

 

15 menit

 

Ceramah

Tanya jawab

diskusi

 

 

E. Media

1.   buku yang terkait dengan resensi, media cetak/ elektronik

  1. Buku Kompeten Berbahasa Indonesia, Erlangga, Jakarta

 

F. Evaluasi

 

Jenis Tagihan:

  • tugas kelompok
  • tugas kelompok
  • ulangan

 

Bentuk Instrumen:

  • uraian bebas
  • pilihan ganda

jawaban singkat

 

 

……………………………,

Guru Mata Pelajaran

 

 

                                                                                                               ……………………………

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran    : Bahasa Indonesia

Kelas/ Semester   : XI/ 1

Pertemuan ke                  :

Alokasi Waktu    : 90 menit

 

A. Kompetensi Dasar

    3.1  Menemukan perbedaan paragraf induktif dan deduktif melalui kegiatan membaca intensif

 

B. Indikator

  • Menemukan kalimat yang mengandung gagasan utama pada paragraf
  • Menemukan kalimat penjelas yang mendukung gagasan utama
  • Menemukan letak ide pokokik paragraf induktif dan deduktif
  • Mengidentifikasi ciri paragraf induktif dan deduktif
  • Menjelaskan perbedaan antara  paragraf induktif dengan induktif
  • Mengidentifikasi frasa nominal dalam paragraf

induktif dan deduktif

 

C. Materi Pokok

 

Contoh-contoh paragraf  yang berpola deduktif dan induktif

  • · kalimat  utama
  • · kalimat penjelas
  • · kalimat  kesimpulan
  • · ciri paragraf deduktif/ induktif
  • · perbedaan deduktif dengan induktif

 

D. Skenario Pembelajaran

No.

Kegiatan

Alokasi swaktu

Metode

1

 

2

 

 

 

 

 

 

 

3

 

Pendahuluan

Pengantar konsep paragraf deduktif  dan induktif

Inti

  • Membaca paragraf berpola deduktif dan induktif
  • Mengidentifikasi ciri paragraf induktif dan deduktif
  • Menjelaskan perbedaan antara  paragraf deduktif dengan induktif
  • Mengidentifikasi frasa nominal dalam paragraf induktif dan deduktif
  • Menemukan letak ide pokok paragraf

Penutup

Penguatan keterampilan membaca intensif paragraf deduktif dan induktif

5 menit

 

70 menit

 

 

 

 

 

 

15 menit

 

Ceramah

Tanya jawab

diskusi

inkuiri

 

E. Media

 1.  Buku yang terkait dengan paragraf artikel/ berita dari media cetak/ elektronik

  1. Buku Kompeten Berbahasa Indonesia, Erlangga, Jakarta

 

F. Evaluasi

 

Jenis Tagihan:

  • tugas individu
  • tugas kelomp
  • ulangan

 

Bentuk Instrumen:

  • uraian bebas
  • pilihan ganda

jawaban singkat

 

 

……………………………,

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

                                                                                                               ……………………………

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran    : Bahasa Indonesia

Kelas/ Semester   : XI/ 1

Pertemuan ke                  :

Alokasi Waktu    : 90 menit

 

A. Kompetensi Dasar

     1.2 Merangkum isi pembicaraan dalam wawancara 

 

B. Indikator

  • Mencatat pokok-pokok pembicaraan dalam wawancara : siapa yang mewawancarai dan siapa yang diwawancarai, serta apa isi pembicaraannya
  • Merangkum seluruh isi pembicaraan dalam beberapa kalimat
  • Menyampaikan (secara lisan) isi rangkuman kepada orang lain

 

C. Materi Pokok

Wawancara melalui radio atau televisi

  • isi pokok wawancara
  • cara merangkum hasil wawancara
  • tanggapan isi wawancara

 

D. Skenario Pembelajaran

No.

Kegiatan

Alokasi swaktu

Metode

1

 

2

 

 

 

 

 

 

3

 

Pendahuluan

Pengantar konsep dan ilustrasi wawancara

Inti

  • Mendengarkan wawancara melalui radio/ televisi
  • Merangkum seluruh isi pembicaraan dalam beberapa kalimat
  • Menyampaikan (secara lisan) isi rangkuman kepada orang lain
  • Menanggapi (secara lisan) isi rangkuman wawancara

Penutup

Penguatan keterampilan merangkum isi wawancara

5 menit

 

70 menit

 

 

 

 

 

 

15 menit

 

Ceramah

Tanya jawab

diskusi

 

E. Media

      1.  rekaman wawancara di radio/ televisi

  1. Buku Kompeten Berbahasa Indonesia, Erlangga, Jakarta

 

F. Evaluasi

 

Jenis Tagihan:

  • tugas individu
  • ulangan

 

Bentuk Instrumen:

  1. uraian bebas
  2. pilihan ganda

jawaban singkat

 

……………………………,

Guru Mata Pelajaran

 

 

                                                                                                               ……………………………

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran    : Bahasa Indonesia

Kelas/ Semester   : XI/ 1

Pertemuan ke                  :

Alokasi Waktu    : 90 menit

 

A. Kompetensi Dasar

2.2  Menjelaskan secara lisan uraian   topik tertentu dari hasil membaca buku   

 

B. Indikator

 

  • Mendata pokok-pokok isi buku yang diperoleh dari hasil membaca
  • Menyampaikan (secara lisan) isi artikel dengan memperhatikan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar
  • Mengemukan hal-hal yang menarik dalam buku yang telah dibacanya dengan memberikan alasan

 

C. Materi Pokok

  • artikel/ buku
  • pokok-pokok isi buku
  • · hal-hal yang menarik dalam buku
  • · argumentasi pendapat

 

D. Skenario Pembelajaran

No.

Kegiatan

Alokasi swaktu

Metode

1

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

3

 

Pendahuluan

Orientasi teknik menyampaikan informasi

Inti

  • Membaca buku
  • Mendata pokok-pokok isi buku yang diperoleh dari hasil membaca
  • Menyampaikan (secara lisan) isi buku dengan memperhatikan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar
  • Mengemukan hal-hal yang menarik dalam buku yang telah dibacanya dengan memberikan alasan

Penutup

Penguatan keterampilan berbicara dengan latihan-latihan

5 menit

 

70 menit

 

 

 

 

 

 

15 menit

 

Ceramah

Tanya jawab

diskusi

 

E. Media

      1.  Buku ilmu pengetahuan populer

  1. Buku Kompeten Berbahasa Indonesia, Erlangga, Jakarta

 

 

F. Evaluasi

 

Jenis Tagihan:

  • praktik
  • tugas individu
  • tugas kelompok

 Bentuk Instrumen:

  • unjuk kerja

format pengamatan

 

……………………………,

Guru Mata Pelajaran

 

 

                                                                                                               ……………………………

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran    : Bahasa Indonesia

Kelas/ Semester   : XI/ 1

Pertemuan ke                  :

Alokasi Waktu    : 90 menit

 

A. Kompetensi Dasar

      8.2 Mengaplikasikan prinsip-prinsip penulisan resensi  novel asatra/novel populer

 

B. Indikator

 

Menulis resensi novel dengan memperhatikan

u identitas buku

u kepengarangan

u keunggulan buku

u kelemahan buku

ikhtisar (inti permasalahan) dengan bahasa yang komunikatif dan penggunaan EYD

 

C. Materi Pokok

 

Prinsip-prinsip penulisan resensi

u identitas buku

u kepengarangan

u keunggulan buku

u kelemahan buku

ikhtisar (inti permasalahan) dengan bahasa yang komunikatif dan penggunaan EYD

 

D. Skenario Pembelajaran

No.

Kegiatan

Alokasi swaktu

Metode

1

 

2

 

 

 

 

 

 

 

3

 

Pendahuluan

Pengantar teknik penulisan resensi novel

Inti

Menulis resensi novel dengan memperhatikan

u identitas buku

u kepengarangan

u keunggulan buku

u kelemahan buku

u ikhtisar (inti permasalahan) dengan bahasa yang komunikatif dan penggunaan EYD

Penutup

Penguatan keterampilan menulis resensi

5 menit

 

 

70 menit

 

 

 

 

 

 

15 menit

 

Ceramah

Tanya jawab

diskusi

 

 

E. Media

1.   buku yang terkait dengan resensi, media cetak/ elektronik

  1. Buku Kompeten Berbahasa Indonesia, Erlangga, Jakarta

 

F. Evaluasi

 

Jenis Tagihan:

  • tugas kelompok
  1. tugas kelompok
  2. ulangan

 

Bentuk Instrumen:

  • uraian bebas
  1. pilihan ganda

jawaban singkat

 

 

……………………………,

Guru Mata Pelajaran

 

 

                                                                                                               ……………………………

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran    : Bahasa Indonesia

Kelas/ Semester   : XI/ 1

Pertemuan ke                  :

Alokasi Waktu    : 90 menit

 

A. Kompetensi Dasar

2.3  Menjelaskan secara lisan uraian   topik tertentu dari hasil membaca (artikel atau buku)   

 

B. Indikator

 

  • Mendata pokok-pokok isi artikel/ buku yang diperoleh dari hasil membaca
  • Menyampaikan (secara lisan) isi artikel dengan memperhatikan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar
  • Mengemukan hal-hal yang menarik dalam artikel/ buku yang telah dibacanya dengan memberikan alasan

 

C. Materi Pokok

  • artikel/ buku
  • pokok-pokok isi artikel/ buku
  • · hal-hal yang menarik dalam artikel/ buku
  • · argumentasi pendapat

D. Skenario Pembelajaran

No.

Kegiatan

Alokasi swaktu

Metode

1

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

3

 

Pendahuluan

Orientasi teknik menyampaikan informasi

Inti

  • Membaca artikel/ buku
  • Mendata pokok-pokok isi artikel/ buku yang diperoleh dari hasil membaca
  • Menyampaikan (secara lisan) isi artikel  dengan memperhatikan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar
  • Mengemukan hal-hal yang menarik dalam artikel/ buku yang telah dibacanya dengan memberikan alasan

Penutup

Penguatan keterampilan berbicara dengan latihan-latihan

5 menit

 

70 menit

 

 

 

 

 

 

15 menit

 

Ceramah

Tanya jawab

diskusi

 

E. Media

      1.   buku/ artikel dari media cetak/ elektronik

  1. Buku Kompeten Berbahasa Indonesia, Erlangga, Jakarta

 

F. Evaluasi

 

Jenis Tagihan:

  • praktik
  • tugas individu
  • tugas kelompok

 Bentuk Instrumen:

  • unjuk kerja

format pengamatan

 

……………………………,

Guru Mata Pelajaran

 

 

                                                                                                               ……………………………

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran    : Bahasa Indonesia

Kelas/ Semester   : XI/ 1

Pertemuan ke                  :

Alokasi Waktu    : 90 menit

 

A. Kompetensi Dasar

       4.3   Melengkapi karya tulis dengan daftar pustaka dan catatan kaki

 

B. Indikator

 

  • Menentukan topik atau gagasan  yang akan dikembangkan dalam karya tulis (berdasarkan pengamatan atau penelitian)
  • Menyusun kerangka/ sistematika  karya tulis
  • Mengembangkan kerangka menjadi karya tulis, dengan dilengkapi daftar pustaka dan catatan kaki

Menyunting karya tulis yang dilengkapi daftar pustaka dan catatan kaki karya  sendiri atau karya teman berdasarkan struktur kalimat dan EyD

 

C. Materi Pokok

 

Contoh karya tulis dengan dilengkapi daftar pustaka dan catatan kaki

  • unsur-unsur karya tulis
    • daftar pustaka
      • catatan kaki
      • sistematika karya tulis

 

 

D. Skenario Pembelajaran

No.

Kegiatan

Alokasi swaktu

Metode

1

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

3

 

Pendahuluan

Pengantar konsep karya tulis serta  fungsi daftar pustaka dan catatan kaki

Inti

  • ·Membaca contoh karya tulis yang dilengkapi dengan daftar pustaka dan catatan kaki *
  • ·Menulis karya tulis, dengan dilengkapi daftar pustaka dan catatan kaki
  • ·Menuliskan karya tulis dengan sistematika yang benar
  • ·Menyunting karya tulis yang dilengkapi daftar pustaka dan catatan kaki karya  sendiri atau karya teman berdasarkan struktur kalimat dan EyD

Penutup

Penguatan keterampilan mengutip sumber dengan teknik penyusunan daftar pustaka dan catatan kaki dalam karya tulis

5 menit

 

70 menit

 

 

 

 

 

 

15 menit

 

Ceramah

Tanya jawab

diskusi

 

E. Media

      1.   Buku yang terkait dengan karya ilmiah , dan buku EyD

  1. Buku Kompeten Berbahasa Indonesia, Erlangga, Jakarta

 

F. Evaluasi

 

Jenis Tagihan:

  • tugas kelompok
  • ulangan
  • tugas individu

 

Bentuk Instrumen:

  • uraian bebas
  • pilihan ganda

jawaban singkat

 

 

……………………………,

Guru Mata Pelajaran

 

 

                                                                                                               ……………………………

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran    : Bahasa Indonesia

Kelas/ Semester   : XI/ 1

Pertemuan ke                  :

Alokasi Waktu    : 90 menit

 

A. Kompetensi Dasar

      2.6 Menjelaskan hasil wawancara tentang tanggapan narasumber terhadap topik tertentu 

 

B. Indikator

  • Mencatat pokok-pokok hasil wawancara topik tertentu
  • Membuat rangkuman  hasil wawancara  dengan kalimat yang efektif
  • Menyampaikan rangkuman hasil wawancara

 

C. Materi Pokok

Wawancara melalui radio atau televisi

  • isi pokok wawancara
  • cara merangkum hasil wawancara
  • tanggapan isi wawancara

 

D. Skenario Pembelajaran

No.

Kegiatan

Alokasi swaktu

Metode

1

 

2

 

 

 

 

 

 

3

 

Pendahuluan

Pengantar konsep dan ilustrasi wawancara

Inti

  • Mencatat pokok-pokok hasil wawancara topik tertentu *
  • Membuat rangkuman  hasil wawancara  dengan kalimat yang efektif
  • Menyampaikan rangkuman hasil wawancara
  • Mendiskusikan rangkuman hasil wawancara

Penutup

Penguatan keterampilan merangkum isi wawancara

5 menit

 

70 menit

 

 

 

 

 

 

15 menit

 

Ceramah

Tanya jawab

diskusi

 

E. Media

      1.  Reawancara di radio/ televisi

  1. Buku Kompeten Berbahasa Indonesia, Erlangga, Jakarta

 

F. Evaluasi

 

Jenis Tagihan:

  • tugas individu
  • ulangan

 

Bentuk Instrumen:

  1. uraian bebas
  2. pilihan ganda

jawaban singkat

 

……………………………,

Guru Mata Pelajaran

 

 

                                                                                                               ……………………………

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran    : Bahasa Indonesia

Kelas/ Semester   : XI/ 1

Pertemuan ke                  :

Alokasi Waktu    : 90 menit

 

A. Kompetensi Dasar

       7.2  Menganalisis unsur-unsur intrinsik  dan ekstrinsik novel Indonesia/terjemahan

 

B. Indikator

  • Menganalisis unsur-unsur ekstrinsik dan intrinsik  (alur, tema,  penokohan, sudut pandang, latar, dan amanat) novel Indonsia
  • Menganalisis unsur-unsur ekstrinsik dan  intrinsik  (alur, tema,  penokohan, sudut pandang, latar, dan amanat) novel terjemahan
  • Membandingkan unsur-nekstrinsik dan intrinsik novel terjemahan dengan novel Indonesia

 

C. Materi Pokok

Novel Indonesia dan novel terjemahan

  • ·unsur-unsur intrinsik  ( alur, tema,  penokohan, sudut pandang, latar, dan amanat)
  • ·unsur ektrinsik  dalam novel terjemahan(nilai budaya, sosial, moral, dll)

 

D. Skenario Pembelajaran

No.

Kegiatan

Alokasi swaktu

Metode

1

 

2

 

 

 

 

 

 

3

 

Pendahuluan

Pengantar konsep struktur novel

Inti

  • Membaca novel Indonesia dan novel terjemahan
  • Menganalisis unsur-unsur ekstrinsik dan intrinsik  ( alur, tema,  penokohan, sudut pandang, latar, dan amanat) novel Indonsia dan terjemahan
  • Membandingkan unsur ekstrinsik dan intrinsik novel terjemahan dengan novel Indonesia

Penutup

Penguatan pemahaman isi cerita novel dengan analisis unsur intrinsik dan ekstrinsiknya

5 menit

 

70 menit

 

 

 

 

 

 

15 menit

 

Ceramah

Tanya jawab

diskusi

 

E. Media

      1.   novel Indonesia, novel terjemahan

  1. Buku Kompeten Berbahasa Indonesia, Erlangga, Jakarta

 

F. Evaluasi

 

Jenis Tagihan:

  • tugas kelompok
  • tugas kelompok
  • ulangan

 

Bentuk Instrumen:

  1. uraian bebas
  2. pilihan ganda

jawaban singkat

 

……………………………,

Guru Mata Pelajaran

 

 

                                                                                                               ……………………………

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran    : Bahasa Indonesia

Kelas/ Semester   : XI/ 1

Pertemuan ke                  :

Alokasi Waktu    : 90 menit

 

A. Kompetensi Dasar

    3.1  Menemukan perbedaan paragraf induktif dan deduktif melalui kegiatan membaca intensif

 

B. Indikator

  • Menemukan kalimat yang mengandung gagasan utama pada paragraf
  • Menemukan kalimat penjelas yang mendukung gagasan utama
  • Menemukan letak ide pokokik paragraf induktif dan deduktif
  • Mengidentifikasi ciri paragraf induktif dan deduktif
  • Menjelaskan perbedaan antara  paragraf induktif dengan induktif
  • Mengidentifikasi frasa nominal dalam paragraf

induktif dan deduktif

 

C. Materi Pokok

 

Contoh-contoh paragraf  yang berpola deduktif dan induktif

  • · kalimat  utama
  • · kalimat penjelas
  • · kalimat  kesimpulan

 

 

  • · ciri paragraf deduktif/ induktif

perbedaan deduktif dengan induktif

 

D. Skenario Pembelajaran

No.

Kegiatan

Alokasi swaktu

Metode

1

 

2

 

 

 

 

 

 

 

3

 

Pendahuluan

Pengantar konsep paragraf deduktif  dan induktif

Inti

  • Membaca paragraf berpola deduktif dan induktif
  • Mengidentifikasi ciri paragraf induktif dan deduktif
  • Menjelaskan perbedaan antara  paragraf deduktif dengan induktif
  • Mengidentifikasi frasa nominal dalam paragraf induktif dan deduktif
  • Menemukan letak ide pokok paragraf

Penutup

Penguatan keterampilan membaca intensif paragraf deduktif dan induktif

5 menit

 

70 menit

 

 

 

 

 

 

15 menit

 

Ceramah

Tanya jawab

diskusi

inkuiri

 

E. Media

 1.  buku yang terkait dengan paragraf artikel/ berita dari media cetak/ elektronik

  1. Buku Kompeten Berbahasa Indonesia, Erlangga, Jakarta

 

F. Evaluasi

 

Jenis Tagihan:

  • tugas individu
  • tugas kelomp
  • ulangan

 

Bentuk Instrumen:

  1. uraian bebas
  2. pilihan ganda

jawaban singkat

 

 

……………………………,

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

                                                                                                               ……………………………

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran    : Bahasa Indonesia

Kelas/ Semester   : XI/ 1

Pertemuan ke                  :

Alokasi Waktu    : 90 menit

 

A. Kompetensi Dasar

4.4  Menulis surat dagang dan surat kuasa

 

B. Indikator

  • · Mendaftar jenis surat  niaga
  • · Menulis surat perjanjian  jual – beli dan surat  kuasa sesuai dengan  keperluan
  • Menjelaskan isi surat  jual-beli dan surat kuasa
  • Memperbaiki  surat perjan-jian jual beli dan surat kuasa hasil tulisan teman berdasarkan struktur kalimat dan EyD

 

C. Materi Pokok

Beberapa contoh surat perjanjian jual beli dan surat kuasa

  • ciri-ciri surat perjanjian jual beli dan surat kuasa
  • unsur-unsur surat perjanjian jual beli dan surat kuasa
  • sistematika surat perjanjuan jual bei dan surat kuasa

 

D. Skenario Pembelajaran

No.

Kegiatan

Alokasi swaktu

Metode

1

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

3

 

Pendahuluan

Pengantar konsep surat niaga dan ilustrasinya

Inti

  • Mendaftar jenis surat  Niaga
  • Membaca surat perjanjian jual beli dan surat kuasa
  •  Menulis surat perjanjian  jual beli dan surat kuasa sesuai dengan  keperluan
  • Mendiskusikan surat perjanjian jual-beli dan surat kuasa yang telah dibuat
  • Memperbaiki  surat perjanjian jual beli  dan surat kuasa tulisan teman berdasarkan struktur kalimat dan EyD

Penutup

Penguatan keterampilan menulis surat niaga

 

5 menit

 

 

70 menit

 

 

 

 

 

 

 

15 menit

 

Ceramah

Tanya jawab

diskusi

simulasi

 

E. Media

      1.   Buku yang terkait dengan surat-menyurat, buku EyD

  1. Buku Kompeten Berbahasa Indonesia, Erlangga, Jakarta

 

F. Evaluasi

 

Jenis Tagihan:

  • tugas individu
  1. tugas kelompok
  2. ulangan

 

Bentuk Instrumen:

  • uraian bebas
  1. pilihan ganda

jawaban singkat

 

 

……………………………,

Guru Mata Pelajaran

 

 

                                                                                                               ……………………………

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran    : Bahasa Indonesia

Kelas/ Semester   : XI/ 1

Pertemuan ke                  :

Alokasi Waktu    : 90 menit

 

A. Kompetensi Dasar

5.1   Menganalisis  pementasan drama berdasarkan  teknik pementasan

 

B. Indikator

  • Mengidentifikasi pementasan drama berdasarkan gerak atau action para tokoh ( mimik, pantomimik (gerak anggota tubuh yang lain), blocking (posisi aktor di atas pentas))
  • Menjelaskan tata busana yang dipakai para tokoh cerita
  • Menjelaskan tata panggung yang menggambarkan peristiwa (tempat, waktu, suasana)
  • Menjelaskan tata bunyi (efek dan musik)

Menjelaskan tata lampu

 

C. Materi Pokok

 

Pementasan drama

  • gerak (action)
  1. mimik/ pantomimik
  2. 4.      blockng
  3. tata panggung
  4. tata busana
  5. tata bunyi
  6. tata lampu

 

D. Skenario Pembelajaran

No.

Kegiatan

Alokasi swaktu

Metode

1

 

2

 

 

 

 

 

 

 

3

 

Pendahuluan

Pengantar teknik pementasan drama

Inti

  • Menonton pementasan drama
  • Mengidentifikasi pementasan drama berdasarkan gerak atau action para tokoh ( mimik, pantomimik (gerak anggota tubuh yang lain), blocking (posisi aktor di atas pentas))
  • Menganalisis tata busana, tata panggung, tata bunyi, tata lampu

Penutup

Penguatan pemahaman isi drama dengan analisis pementasan drama

5 menit

 

70 menit

 

 

 

 

 

 

 

15 menit

 

Ceramah

Tanya jawab

diskusi

 

E. Media

1.  pementasan drama,  rekaman video

2.  Buku Kompeten Berbahasa Indonesia, Erlangga, Jakarta

 

F. Evaluasi

 

Jenis Tagihan:

  • tugas kelompok
  • tugas individu
  • ulangan

 

Bentuk Instrumen:

  • uraian bebas
  • pilihan ganda

jawaban singkat

 

 

……………………………,

Guru Mata Pelajaran

 

 

                                                                                                               ……………………………

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran    : Bahasa Indonesia

Kelas/ Semester   : XI/ 1

Pertemuan ke      :

Alokasi Waktu    : 90 menit

 

A. Kompetensi Dasar

     1.1  Menemukan  pokok-pokok isi sambutan/   khotbah  yang didengar

 

B. Indikator

  • Mencatat pokok-pokok isi sambutan atau khotbah yang didengarkan
  • Menuliskan pokok-pokok isi sambutan tersebut ke dalam beberapa kalimat
  • Menyampaikan (secara lisan) ringkasan sambutan atau khotbah

 

C. Materi Pokok

       Sambutan atau khotbah

  • pokok-pokok isi sambutan
  • ringkasan sambutan/ khotbah
  • tanggapan isi sambutan/ khotbah

 

D. Skenario Pembelajaran

No.

Kegiatan

Alokasi waktu

Metode

1

 

2

 

 

 

 

 

 

3

 

Pendahuluan

Pengantar konsep dan ilustrasi sambutan/ khotbah

Inti

  1. Mendengarkan sambutan atau khotbah
  2. Menuliskan pokok-pokok isi sambutan tersebut ke dalam beberapa kalimat
  3. Menyampaikan (secara lisan) ringkasan sambutan atau khotbah
  4. Menanggapi  ringkasan isi sambutan atau khotbah

Penutup

Penguatan internalisasi poko-pokok isi sambutan/ khotbah

 

5 menit

 

70 menit

 

 

 

 

 

 

15 menit

 

Ceramah

Tanya jawab

diskusi

inkuiri

 

E. Media

      1.  tape/ kaset  khotbah

  1. Buku Kompeten Berbahasa Indonesia, Erlangga, Jakarta

 

F. Evaluasi

 

Jenis Tagihan:

  • · tugas individu
  • · ulangan

 

Bentuk Instrumen:

  1. uraian bebas
  2. pilihan ganda
  3. jawaban singkat

 

 

……………………………,

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

                                                                                                               ……………………………

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

SEMESTER 2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran    : Bahasa Indonesia

Kelas/ Semester   : XI/ 2

Pertemuan ke                  :

Alokasi Waktu    : 90 menit

 

A. Kompetensi Dasar

11.1Mengungkapkan pokok-pokok isi teks dengan  membaca cepat 300 kata per menit

 

B. Indikator

  • Membaca cepat  300 kata per menit
  • Menjawab secara benar 75% dari seluruh pertanyaan yang tersedia
  • Mengungkapkan pokok-pokok isi bacaan

 

C. Materi Pokok

Teks terdiri atas 600 atau 900 kata

  • teknik membaca cepat
  • fungsi membaca cepat
  • rumus membaca cepat

 

D. Skenario Pembelajaran

No.

Kegiatan

Alokasi swaktu

Metode

1

 

2

 

 

 

 

3

 

Pendahuluan

Pengantar teknin membaca cepat

Inti

  • ·Membaca cepat teks
  • ·Menjawab secara benar 75% dari seluruh pertanyaan yang tersedia
  • ·Mengungkapkan pokok-pokok isi bacaan

Penutup

Penguatan pemahaman isi bacaan dan pengukuran kecepatan membaca

 

5 menit

 

70 menit

 

 

 

 

15 menit

 

Ceramah

Tanya jawab

simulasi

inkuiri

demonstrasi

 

 

E. Media

      1.  artikel/ berita dari media cetak/ elektronik

  1. Buku Kompeten Berbahasa Indonesia, Erlangga, Jakarta

 

F. Evaluasi

Jenis Tagihan:

  • ·pertanyaan tertulis
  • ·lisan
  • ·ulangan

Bentuk Instrumen:

  • ·pilihan ganda
  • ·uraian bebas
  • ·jwaban sinkat

 

 

……………………………,

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

                                                                                                               ……………………………

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran    : Bahasa Indonesia

Kelas/ Semester   : XI/ 2

Pertemuan ke                  :

Alokasi Waktu    : 90 menit

 

A. Kompetensi Dasar

      12.3   Menulis karya ilmiah (hasil pengamatan) 

 

B. Indikator

  • Mendaftar hal-hal yang perlu ditulis, berdasarkan topik yang dipilih
  • Menentukan gagasan yang akan dikembangkan dalam karya tulis (berdasarkan pengamatan)
  • Menyusun kerangka karya tulis
  • Mengembangkan kerangka menjadi karya tulis, dengan dilengkapi daftar pustaka
  • Menyunting karya tulis sendiri atau karya teman

 

C. Materi Pokok

Beberapa karya tulis hasil pengamatan

  • unsur-unsur karya ilmiah

 

D. Skenario Pembelajaran

No.

Kegiatan

Alokasi swaktu

Metode

1

 

2

 

 

 

 

 

3

 

Pendahuluan

Pengantar teknik penulisan karya ilmiah

Inti

  • Mengadakan penelitian tentang sesuatu
  • Menentukan gagasan yang akan dikembangkan dalam karya tulis (berdasarkan pengamatan)
  • Menulis karya tulis, dengan dilengkapi daftar pustaka
  • Menyunting karya tulis sendiri atau karya teman

Penutup

Penguatan keterampilan menulis dan menyunting  karya ilmiah

 

5 menit

 

70 menit

 

 

 

 

 

15 menit

 

Ceramah

Tanya jawab

diskusi

simulasi demonstrasi

 

E. Media

      1.   buku yang terkait dengan karya ilmiah

  1. Buku Kompeten Berbahasa Indonesia, Erlangga, Jakarta

 

F. Evaluasi

 

Jenis Tagihan:

  • tugas kelompok
  • tugas kelompok
  • ulangan

 

Bentuk Instrumen:

  • uraian bebas
  • pilihan ganda

jawaban singkat

 

 

 

……………………………,

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

                                                                                                               ……………………………

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran    : Bahasa Indonesia

Kelas/ Semester   : XI/ 1

Pertemuan ke                  :

Alokasi Waktu    : 90 menit

 

A. Kompetensi Dasar

9.1  Merangkum isi pembicaraan dalam suatu diskusi atau seminar  

 

B. Indikator

  • Mencatat pokok-pokok isi uraian atau pnjelaasan teman
  • Merangkum seluruh isi pembicaraan teman
  • Menuliskan tanggapan pribadi kepada teemman dalam bentuk memo

 

C. Materi Pokok

Gagasan para pembicara  dalam diskusi

  • pokok-pokok isi
  • rangkuman

 

D. Skenario Pembelajaran

No.

Kegiatan

Alokasi swaktu

Metode

1

 

2

 

 

 

 

 

 

3

 

Pendahuluan

Pengantar konsep dan ilustrasi dalam diskusi

Inti

  • Menyorotti sutu masalah untuk bahan diskusi
    • Menctat pokok-pokok isi pembicraan dalam disksusi
    • Merangkum isi pemmbicaraan dalam diskusi
    • Mengomentari peendapaat seseorang dalam diskusi

Penutup

Penguatan keterampilan merangkum isi wawancara

5 menit

 

70 menit

 

 

 

 

 

 

15 menit

 

Ceramah

Tanya jawab

diskusi

 

E. Media

      1.  Model diskusi

  1. Buku Kompeten Berbahasa Indonesia, Erlangga, Jakarta

 

F. Evaluasi

 

Jenis Tagihan:

  • tugas kelompok
  • tugas kelompok
  • ulangan

 

 

Bentuk Instrumen:

  1. uraian bebas
  2. pilihan ganda
  3. jawaban singkat

 

 

……………………………,

Guru Mata Pelajaran

 

 

                                                                                                               ……………………………

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran    : Bahasa Indonesia

Kelas/ Semester   : XI/ 2

Pertemuan ke                  :

Alokasi Waktu    : 90 menit

 

A. Kompetensi Dasar

      16.1  Mendeskripsikan perilaku manusia melalui dialog naskah drama

 

B. Indikator

  • Menulis teks drama dengan menggunakan bahasa yang sesuai untuk:
  • Mendeskripsikan perilaku manusia melalui dialog
  • Menghidupkan konflik
  • Memunculkan penampilan (performance)

 

C. Materi Pokok

Teks drama

  • · unsur-unsur drama (tema, penokohan konflik)

 

D. Skenario Pembelajaran

No.

Kegiatan

Alokasi swaktu

Metode

1

 

2

 

 

 

 

 

 

3

 

Pendahuluan

Pengantar konsep dan ilustrasi penulisan naskah drama

Inti

  • Membaca drama
  • Menulis teks drama (dengan menggunakan bahasa yang sesuai) untuk:
    • Mendeskripsikan perilaku manusia melalui dialog
    • Menghidupkan konflik
    • Memunculkan penampilan (performance)

Penutup

Penguatan keterampilan menulis deskripsi perilaku tokoh

5 menit

 

70 menit

 

 

 

 

 

 

 

15 menit

 

Ceramah

Tanya jawab

diskusi

 

E. Media

      1.  buku drama

  1. Buku Kompeten Berbahasa Indonesia, Erlangga, Jakarta

 

F. Evaluasi

Jenis Tagihan:

  • tugas kelompok
  • tugas invidu

Bentuk Instrumen:

  • uraian bebas

 

 

 

 

 

 

 

……………………………,

Guru Mata Pelajaran

 

 

                                                                                                               ……………………………

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran    : Bahasa Indonesia

Kelas/ Semester   : XI/ 2

Pertemuan ke                  :

Alokasi Waktu    : 90 menit

 

A. Kompetensi Dasar

      12.3   Menulis karya ilmiah (seperti hasil penelitian) 

 

B. Indikator

  • Mendaftar hal-hal yang perlu ditulis, berdasarkan topik yang dipilih
  • Menentukan gagasan yang akan dikembangkan dalam karya tulis (berdasarkan penelitian)
  • Menyusun kerangka karya tulis
  • Mengembangkan kerangka menjadi karya tulis, dengan dilengkapi daftar pustaka
  • Menyunting karya tulis sendiri atau karya teman

 

C. Materi Pokok

Beberapa karya tulis hasil penelitian

  • unsur-unsur karya ilmiah

D. Skenario Pembelajaran

No.

Kegiatan

Alokasi swaktu

Metode

1

 

2

 

 

 

 

 

3

 

Pendahuluan

Pengantar teknik penulisan karya ilmiah

Inti

  • Mengadakan penelitian tentang sesuatu
  • Menentukan gagasan yang akan dikembangkan dalam karya tulis (berdasarkan penelitian)
  • Menulis karya tulis, dengan dilengkapi daftar pustaka
  • Menyunting karya tulis sendiri atau karya teman

Penutup

Penguatan keterampilan menulis dan menyunting  karya ilmiah

 

5 menit

 

70 menit

 

 

 

 

 

15 menit

 

Ceramah

Tanya jawab

diskusi

simulasi demonstrasi

 

E. Media

      1.  buku yang terkait dengan karya ilmiah

  1. Buku Kompeten Berbahasa Indonesia, Erlangga, Jakarta

 

F. Evaluasi

 

Jenis Tagihan:

  • tugas kelompok
  • tugas kelompok
  • ulangan

 

Bentuk Instrumen:

  1. uraian bebas
  2. pilihan ganda

jawaban singkat

 

 

 

……………………………,

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

                                                                                                               ……………………………

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran    : Bahasa Indonesia

Kelas/ Semester   : XI/ 2

Pertemuan ke                  :

Alokasi Waktu    : 90 menit

 

A. Kompetensi Dasar

11.2Membedakan fakta dan opini  pada editorial dengan membaca intensif  

 

B. Indikator

  • Menemukan fakta dan opini  penulis tajuk rencana atau editorial
  • Membedakan fakta dengan opini
  • Mengungkapkan isi tajuk rencana/editorial

 

C. Materi Pokok

Tajuk rencana atau editorial dalam surat kabar atau majalah

  • ·fakta
  • ·opini

D. Skenario Pembelajaran

No.

Kegiatan

Alokasi swaktu

Metode

1

 

2

 

 

 

3

 

Pendahuluan

Pengantar konsep dan ilustrasi editorial

Inti

  • Membaca tajuk rencana atau editorial
  • Mendiskusikan fakta dan opini dalam tajuk rencana atau editorial

Penutup

Penguatan pemahaman isi dan struktur editorial/ tajuk

 

5 menit

 

70 menit

 

 

 

15 menit

 

Ceramah

Tanya jawab

diskusi

inkuiri

 

E. Media

      1.   media cetak/ elektronik

  1. Buku Kompeten Berbahasa Indonesia, Erlangga, Jakarta

 

F. Evaluasi

Jenis Tagihan:

  • ·tugas individu
  • ·tugas kelompok
  • ·ulangan

 

Bentuk Instrumen:

  • ·uraian bebas
  • ·jawaban singkat, pilihan ganda

 

 

 

……………………………,

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

                                                                                                               ……………………………

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran    : Bahasa Indonesia

Kelas/ Semester   : XI/ 2

Pertemuan ke                  :

Alokasi Waktu    : 90 menit

 

A. Kompetensi Dasar

       14.1   Mengekspresikan dialog para tokoh dalam pementasan drama

 

B. Indikator

  • Menghayati watak tokoh yang akan diperankan
  • Mengekspresikan dialog para tokoh dalam pementasan drama
  • Menanggapi penampilan dialog para tokoh dalam pementasan drama

 

C. Materi Pokok

Teks drama

  • penghayatan watak
  • pengekspresian dialog

 

D. Skenario Pembelajaran

No.

Kegiatan

Alokasi swaktu

Metode

1

 

2

 

 

 

 

 

 

3

 

Pendahuluan

Pengantar teknik bermain drama

Inti

  • Membaca dan memahami teks drama yang akan diperankan
  • Menghayati watak tokoh yang akan diperankan
  • Mengekspresikan dialog para tokoh dalam pementasan drama 
  • Mendiskusikan dialog para tokoh dalam pementasan drama

Penutup

Penguatan keterampilan mengekspresikan dialog

 

5 menit

 

70 menit

 

 

 

 

 

 

15 menit

 

Ceramah

Tanya jawab

diskusi

simulasi demonstrasi

 

E. Media

      1.  Teks drama

  1. Buku Kompeten Berbahasa Indonesia, Erlangga, Jakarta

 

F. Evaluasi

Jenis Tagihan:

  • tugas individu
  • tugas kelompok

Bentuk Instrumen:

  • unjuk kerja
  • format pengamatan

 

 

……………………………,

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

                                                                                                               ……………………………

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran    : Bahasa Indonesia

Kelas/ Semester   : XI/ 2

Pertemuan ke                  :

Alokasi Waktu    : 90 menit

 

A. Kompetensi Dasar

13.1  Mengidentifikasi alur, penokohan, dan latar dalam cerpen yang dibacakan

 

B. Indikator

  • Mengidentifikasi alur , penokohan, dan latar cerpen yang didengar
  • Mendiskusikan alur, penokohan, dan latar  cerpen

 

C. Materi Pokok

Cerpen yang dibacakan

  • unsur-unsur cerpen (alur, penokohan, dan latar)

 

D. Skenario Pembelajaran

No.

Kegiatan

Alokasi swaktu

Metode

1

 

2

 

 

 

 

 

3

 

Pendahuluan

Pengantar konsep dan ilustrasi unsur-unsur intrinsik cerpen

Inti

  • Mendengarkan cerpen yang dibacakan teman
  • Mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik dalam cerpen yang didengar
  • Mendiskusikan unsur-unsur intrinsik dalam cerpen
  • Melaporkan hasil diskusi

Penutup

Penguatan keterampilan mendengarkan dan memahami isi cerpen yang disimak

5 menit

 

70 menit

 

 

 

 

 

 

15 menit

 

Ceramah

Tanya jawab

diskusi

inkuiri

simulasi

 

E. Media

      1.   buku kumpulan cerpen

  1. Buku Kompeten Berbahasa Indonesia, Erlangga, Jakarta

 

F. Evaluasi

Jenis Tagihan:

  • tugas individu
  •  tugas kelompok
  • ulangan

Bentuk Instumen:

  • uraian bebas
  • pilihan ganda
  • jawaban singkat

 

 

 

……………………………,

Guru Mata Pelajaran

 

 

                                                                                                               ……………………………

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran    : Bahasa Indonesia

Kelas/ Semester   : XI/ 2

Pertemuan ke                  :

Alokasi Waktu    : 90 menit

 

A. Kompetensi Dasar

       9.2   Mengomentari pendapat seseorang dalam suatu diskusi atau seminar

 

B. Indikator

  • Mengajukan pertanyaan
  • Menanggapi pembicara dalam bentuk kritikan atau dukungan
  • Menambahkan alasan yang dapat memperkuat tanggapan

 

C. Materi Pokok

Komentar para pembicara

  • · cara memberikan komentar
  • · esensi komentar
  • · prinsip-prinsip berkomentar

 

D. Skenario Pembelajaran

No.

Kegiatan

Alokasi swaktu

Metode

1

 

2

 

 

 

 

 

 

3

 

Pendahuluan

Penyajian contoh diskusi/ seminar dengan topik tertentu

Inti

  • Mendengarkan pendapat seseorang dalam diskusi/ seminar
  • Mencatat pokok-pokok pendapat
  • Mengajukan pertanyaan yang relefan
  • Mengomentari pendapat sesuai esensinya

 

Penutup

Penguatan pemahaman pendapat orang lain dan mengomentarinya dengan komentar yang relevan

5 menit

 

70 menit

 

 

 

 

 

 

15 menit

 

Ceramah

Tanya jawab

diskusi

simulasi

demonstrasi

 

E. Media

      1.  televisi/ gagasan para pembicara

  1. Buku Kompeten Berbahasa Indonesia, Erlangga, Jakarta

 

F. Evaluasi

Jenis Tagihan:

  • tugas kelompok
  • tugas individu
  • ulangan

Bentuk Instrumen:

  • uraian bebas
  • pilihan ganda
  • jawaban singkat

 

 

……………………………,

Guru Mata Pelajaran

 

 

                                                                                                               ……………………………

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran    : Bahasa Indonesia

Kelas/ Semester   : XI/ 2

Pertemuan ke                  :

Alokasi Waktu    : 90 menit

 

A. Kompetensi Dasar

12.1 Menulis rangkuman/ ringkasan isi buku 

 

B. Indikator

  • Mendaftar pokok-pokok pikiran buku yang sudah dibaca
  • Membuat ringkasan dari seluruh isi buku
    • Mendiskusikan ringkasan untuk mendapatkan masukan dari teman

 

C. Materi Pokok

   Ringkasan buku nonfiksi

 

D. Skenario Pembelajaran

No.

Kegiatan

Alokasi swaktu

Metode

1

 

2

 

 

 

 

 

3

 

Pendahuluan

Pengantar teknik menulis rangkuman/ ringkasn

Inti

  • Membaca buku nonfiksi
  • Mendaftar pokok-pokok pikiran buku yang sudah dibaca
  • Membuat ringkasan dari seluruh isi buku
  • Mendiskusikan ringkasan untuk mendapatkan masukan dari teman

Penutup

Penguatan keterampilan menulis rangkuman/ ringkasan

 

5 menit

 

70 menit

 

 

 

 

 

15 menit

 

Ceramah

Tanya jawab

diskusi

inkuiri

 

E. Media

      1.   buku nonfiksi

  1. Buku Kompeten Berbahasa Indonesia, Erlangga, Jakarta

 

F. Evaluasi

Jenis Tagihan:

  • tugas individu
  • tugas kelompok
  • ulangan

 

Bentuk Instrumen:

  • uraian bebas
  • pilihan ganda
  • jawaban singkat

 

 

 

……………………………,

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

                                                                                                               ……………………………

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran    : Bahasa Indonesia

Kelas/ Semester   : XI/ 2

Pertemuan ke                  :

Alokasi Waktu    : 90 menit

 

A. Kompetensi Dasar

11.3Membedakan fakta dan opini  pada editorial dengan membaca intensif  

 

B. Indikator

  • Menemukan fakta dan opini  penulis tajuk rencana atau editorial
  • Membedakan fakta dengan opini
  • Mengungkapkan isi tajuk rencana/editorial

 

C. Materi Pokok

Tajuk rencana atau editorial dalam surat kabar atau majalah

  • ·fakta
  • ·opini

D. Skenario Pembelajaran

No.

Kegiatan

Alokasi swaktu

Metode

1

 

2

 

 

 

3

 

Pendahuluan

Pengantar konsep dan ilustrasi editorial

Inti

  • Membaca tajuk rencana atau editorial
  • Mendiskusikan fakta dan opini dalam tajuk rencana atau editorial

Penutup

Penguatan pemahaman isi dan struktur editorial/ tajuk

 

5 menit

 

70 menit

 

 

 

15 menit

 

Ceramah

Tanya jawab

diskusi

inkuiri

 

E. Media

      1.   media cetak/ elektronik

  1. Buku Kompeten Berbahasa Indonesia, Erlangga, Jakarta

 

F. Evaluasi

Jenis Tagihan:

  • ·tugas individu
  • ·tugas kelompok
  • ·ulangan

 

Bentuk Instrumen:

  • ·uraian bebas
  • ·jawaban singkat, pilihan ganda

 

 

 

……………………………,

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

                                                                                                               ……………………………

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran    : Bahasa Indonesia

Kelas/ Semester   : XI/ 2

Pertemuan ke                  :

Alokasi Waktu    : 90 menit

 

A. Kompetensi Dasar

      16.2   Menarasikan pengalaman manusia  dalam bentuk adegan dan latar pada naskah drama

 

B. Indikator

  • Mendaftar pengalaman sendiri yang menarik
  • Menarasikan pengalaman sendiri dalam bentuk adegan drama
  • Menghadirkan latar yang mendukung adegan

 

C. Materi Pokok

  • teks drama
  1. unsur-unsur drama (tema, penokohan konflik

 

D. Skenario Pembelajaran

No.

Kegiatan

Alokasi swaktu

Metode

1

 

 

2

 

 

 

 

3

 

Pendahuluan

Pengantar teknik dan ilustrasi penulisan adegan dalam naskah drama

Inti

  • Mendaftar pengalaman sendiri yang menarik
  • Menarasikan pengalaman sendiri dalam bentuk adegan drama
  • Menghadirkan latar yang mendukung adegan

Penutup

Penguatan keterampilan menulis menarasikan adegan dalam naskah drama

5 menit

 

70 menit

 

 

 

 

 

15 menit

 

Ceramah

Tanya jawab

diskusi

inkuiri

simulasi

demonstrasi

 

E. Media

      1.  buku drama

  1. Buku Kompeten Berbahasa Indonesia, Erlangga, Jakarta

 

F. Evaluasi

Jenis Tagihan:

  • · tugas kelompok
  1. individu
  2. ulangan

Bentuk Instrumen:

  • · uraian bebas
  1. jawaban singkat
  2. pilihan ganda

 

 

 

……………………………,

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

                                                                                                               ……………………………

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran    : Bahasa Indonesia

Kelas/ Semester   : XI/ 2

Pertemuan ke                  :

Alokasi Waktu    : 90 menit

 

A. Kompetensi Dasar

       10.1   Mempresentasikan hasil penelitian secara runtut dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar

 

B. Indikator

  • · Menuliskan pokok-pokok yang akan disampaikan secara berurutan
  • · Mengemukakan ringkasan hasil penelitian
  • · Menjelaskan proses penelitian dan hasil penelitian dengan kalimat yang mudah dipahami

 

C. Materi Pokok

Contoh hasil penelitian

  • langkah-langkah penelitian
  • syarat-syarat penelitian

 

D. Skenario Pembelajaran

No.

Kegiatan

Alokasi swaktu

Metode

1

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

3

 

Pendahuluan

Pengantar konsep dan ilustrasi laporan hasil penelitian

Inti

  • Melakukan penelitian sederhana
  • Menulis hasil penelitian
  • Mengemukakan ringkasan hasil penelitian
  • Menjelaskan proses penelitian dengan kalimat yang mudah dipahami
  • Mendiskusikan hasil penelitian teman yang telah dipresentasikan( setuju atau tidak setuju) dengan argumen yang kuat.

Penutup

Penguatan ketermapilan presentasi hasil penelitian

 

5 menit

 

 

75 menit

 

 

 

 

 

 

 

10menit

Ceramah

Tanya jawab

diskusi

simulasi

demonstrasi

 

E. Media

      1.   buku yang terkait dengan penelitian

  1. Buku Kompeten Berbahasa Indonesia, Erlangga, Jakarta

 

F. Evaluasi

Jenis Tagihan:

  • tugas kelompok
  • tugas individu

 

Bentuk Instrumen:

  • unjuk kerja
  • format penilaian

 

 

 

 

……………………………,

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

                                                                                                               ……………………………

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran    : Bahasa Indonesia

Kelas/ Semester   : XI/ 2

Pertemuan ke                  :

Alokasi Waktu    : 90 menit

 

A. Kompetensi Dasar

      10.2  Menyampaikan tanggapan presentasi penelitiian 

 

B. Indikator

  • Mengemukakan tanggapan yang mendukung hasil penelitian
  • Menanggapi kritikan terhadap hasil penelitian
  • Menyampaikan alasan yang mendukung penolakan
  • Mengomentari tanggapan orang lain

 

C. Materi Pokok

Tanggapan para pembicara

  • cara-cara memberikan komentar

D. Skenario Pembelajaran

No.

Kegiatan

Alokasi swaktu

Metode

1

 

2

 

 

 

 

 

3

 

Pendahuluan

Pengantar konsep dan ilustrasi laporan hasil penelitian

Inti

  • Mendengarkan presentasi hasil penelitian
  • Mengemukakan tanggapan yang mendukung hasil penelitian
  • Mengomentari tanggapan orang lain terhadap presentasi  hasil penelitian 

Penutup

Latihan-latihan mengomentari tanggapan orang lain terhadap hasil penelitian

5 menit

 

70 menit

 

 

 

 

 

 

15 menit

 

Ceramah

Tanya jawab

diskusi

simulasi

demonstrasi

 

E. Media

      1.  buku yang berhubungan dengan penelitian

  1. Buku Kompeten Berbahasa Indonesia, Erlangga, Jakarta

 

F. Evaluasi

Jenis Tagihan:

  • tugas kelompok
  • tugas individu

Bentuk Instrumen:

  • unjuk kerja
  • format pengamatan

 

 

 

 

 

 

……………………………,

Guru Mata Pelajaran

 

 

                                                                                                               ……………………………

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran    : Bahasa Indonesia

Kelas/ Semester   : XI/ 2

Pertemuan ke                  :

Alokasi Waktu    : 90 menit

 

A. Kompetensi Dasar

       9.1   Merangkum isi pembicaraan dalam  suatu diskusi panel 

 

B. Indikator

  • Mencatat pokok-pokok yang dibicarkan dalamm diskusi panel
  • Menuliskan rangkumman yang berisi pendaapat atau saaraan yang muncul dalamm diuskusi
  • Membahasa isi ranagkuman dalam kelompok

 

C. Materi Pokok

  • Topik diskusi
  • Gagasan para pembicara 
  • Pokok-pokok isi diskusi
  • Rangkuman

 

D. Skenario Pembelajaran

No.

Kegiatan

Alokasi swaktu

Metode

1

 

2

 

 

 

 

 

3

 

Pendahuluan

Penyajian contoh diskusi/ seminar dengan topik tertentu

Inti

  • Membaca tteks sebagaai bahan diskusi
  • Mediskusikan suatu topik dari berbagi sudut pandang
  • Mencatat pokok-pokok yag dibicarakan dalam diskusi panel
  • Menuliskan saran dan pendapat pada diskusi panel dalam rangkuman 

Penutup

Penguatan keterampilan merangkum isi pembicaraan dalam diskusi/ seminar yang disimak

 

5 menit

 

70 menit

 

 

 

 

 

15 menit

 

Ceramah

Tanya jawab

diskusi

inkuiri

demonstrasi

 

E. Media

      1.  televisi/ gagasan para pembicara

  1. Buku Kompeten Berbahasa Indonesia, Erlangga, Jakarta

 

F. Evaluasi

Jenis Tagihan:

  • ·tugas kelompok
  1. tugas kelompok
  2. ulangan

Bentuk Instrumen:

  • ·uraian bebas
  1. pilihan ganda
  2. jawaban singkat

 

 

 

……………………………,

Guru Mata Pelajaran

 

 

                                                                                                               ……………………………

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran    : Bahasa Indonesia

Kelas/ Semester   : XI/ 2

Pertemuan ke                  :

Alokasi Waktu    : 90 menit

 

A. Kompetensi Dasar

    13. 2  Menemukan nilai-nilai dalam cerpen yang dibacakan

 

B. Indikator

  • Menemukan nilai moral, budaya, dan social dalam cerpen
  • Mendiskusikan nilai-nilai tersebut

 

C. Materi Pokok

Cerpen yang dibacakan

  • nilai-nilai (moral, budaya, social, agama)

 

D. Skenario Pembelajaran

No.

Kegiatan

Alokasi swaktu

Metode

1

 

2

 

 

 

 

3

 

Pendahuluan

Pengantar konsep dan ilustrasi tentang nilai-nilai cerpen

Inti

  • Menemukan nilai-nilai (moral, budaya, social) dalam cerpen
  • Mendiskusikan nilai-nilai tersebut

 

Penutup

Penguatan keterampilan mendengarkan dan memahami nilai-nilai cerpen yang disimak

 

5 menit

 

70 menit

 

 

 

 

15 menit

Ceramah

Tanya jawab

diskusi

inkuiri

simulais

 

E. Media

      1.   buku kumpulan cerpen

  1. Buku Kompeten Berbahasa Indonesia, Erlangga, Jakarta

 

F. Evaluasi

Jenis Tagihan:

  • tugas individu
  • tugas kelompok
  • ulangan

 

Bentuk Instumen:

  • uraian bebas
  • jawaban singkat
  • pilihan ganda

 

 

……………………………,

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

                                                                                                               ……………………………

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran    : Bahasa Indonesia

Kelas/ Semester   : XI/ 2

Pertemuan ke                  :

Alokasi Waktu    : 90 menit

 

A. Kompetensi Dasar

12.1 Menulis rangkuman/ ringkasan isi buku 

 

B. Indikator

  • Mendaftar pokok-pokok pikiran buku yang sudah dibaca
  • Membuat ringkasan dari seluruh isi buku
    • Mendiskusikan ringkasan untuk mendapatkan masukan dari teman

 

C. Materi Pokok

   Ringkasan buku nonfiksi

 

D. Skenario Pembelajaran

No.

Kegiatan

Alokasi swaktu

Metode

1

 

2

 

 

 

 

 

3

 

Pendahuluan

Pengantar teknik menulis rangkuman/ ringkasn

Inti

  • Membaca buku nonfiksi
  • Mendaftar pokok-pokok pikiran buku yang sudah dibaca
  • Membuat ringkasan dari seluruh isi buku
  • Mendiskusikan ringkasan untuk mendapatkan masukan dari teman

Penutup

Penguatan keterampilan menulis rangkuman/ ringkasan

 

5 menit

 

70 menit

 

 

 

 

 

15 menit

 

Ceramah

Tanya jawab

diskusi

inkuiri

 

E. Media

      1.  buku nonfiksi

  1. Buku Kompeten Berbahasa Indonesia, Erlangga, Jakarta

 

F. Evaluasi

Jenis Tagihan:

  • tugas individu
  • tugas kelompok
  • ulangan

 

Bentuk Instrumen:

  1. uraian bebas
  2. pilihan ganda
  3. jawaban singkat

 

 

 

……………………………,

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

                                                                                                               ……………………………

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran    : Bahasa Indonesia

Kelas/ Semester   : XI/ 2

Pertemuan ke                  :

Alokasi Waktu    : 90 menit

 

A. Kompetensi Dasar

       9.2   Mendengarkan diskusi dan mengomentari pendapat    

 

B. Indikator

  • Mengajukan pertanyaan
  • Menanggapi pembicara dalam bentuk kritikan atau dukungan
  • Menambahkan alasan yang dapat memperkuat tanggapan

 

C. Materi Pokok

Komentar para pembicara

  • · cara memberikan komentar
  • · esensi komentar
  • · prinsip-prinsip berkomentar

 

D. Skenario Pembelajaran

No.

Kegiatan

Alokasi swaktu

Metode

1

 

2

 

 

 

 

 

 

3

 

Pendahuluan

Penyajian contoh diskusi/ seminar dengan topik tertentu

Inti

  • Mendengarkan pendapat seseorang dalam diskusi/ seminar
  • Mencatat pokok-pokok pendapat
  • Mengajukan pertanyaan yang relefan
  • Mengomentari pendapat sesuai esensinya

 

Penutup

Penguatan pemahaman pendapat orang lain dan mengomentarinya dengan komentar yang relevan

5 menit

 

70 menit

 

 

 

 

 

 

15 menit

 

Ceramah

Tanya jawab

diskusi

simulasi

demonstrasi

 

E. Media

      1.  televisi/ gagasan para pembicara

  1. Buku Kompeten Berbahasa Indonesia, Erlangga, Jakarta

 

F. Evaluasi

Jenis Tagihan:

  1. tugas kelompok
  2. tugas individu
  3. ulangan

Bentuk Instrumen:

  • uraian bebas
  1. pilihan ganda
  2. jawaban singkat

 

 

……………………………,

Guru Mata Pelajaran

 

 

                                                                                                               ……………………………

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran    : Bahasa Indonesia

Kelas/ Semester   : XI/ 2

Pertemuan ke                  :

Alokasi Waktu    : 90 menit

 

A. Kompetensi Dasar

      15.2 Membaca dan membandingkan novel dengan hikayat 

 

B. Indikator

  • Mengidentifikasi unsur intrinsik dan ekstrinsik hikayat, novel Indonesia dan novel terjemahan sebagai bentuk karya sastra
  •  Menjelaskan unsur intrinsik dan ekstrinsik hikayat, novel Indonesia dan novel terjemahan
  • Membandingkan unsur intrinsik  dan ekstrinsik hikayat, novel Indonesia dan novel  terjemahan 

 

C. Materi Pokok

  • ciri-ciri hikayat
  • ciri-ciri novel Indonesia
  • ciri-ciri novel terjemahan
  • unsur-unsur hikayat
  • unsur-unsur novel

 

D. Skenario Pembelajaran

No.

Kegiatan

Alokasi swaktu

Metode

1

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

3

 

Pendahuluan

Pengantar konsep dan ilustrasi unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik novel

Inti

  • Membaca hikayat, novel Indonesia, novel terjemahan
  • Mengidentifikasi unsur intrinsik dan ekstrinsik  hikayat, novel Indonesia dan terjemahan
  •  Menjelaskan unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik hikayat, novel Indonesia dan terjemahan
  • Membandingkan unsur intrinsik  dan ekstrinsik novel Indonesia dan terjemahan dengan hikayat

Penutup

Penguatan pemahaman ciri khusus novel (Indonesia/ terjemahan) dan hikayat

5 menit

 

70 menit

 

 

 

 

 

 

15 menit

 

Ceramah

Tanya jawab

diskusi

eksplorasi

inkuiri

 

 

 

E. Media

      1.   buku hikayat, novel Indonesia, novel terjemahan

  1. Buku Kompeten Berbahasa Indonesia, Erlangga, Jakarta

 

F. Evaluasi

 

Jenis Tagihan:

  • tugas individu
  • tugas kelompok
  •  ulangan

 

Bentuk Instrumen:

  • uraian bebas
  •  pilihan ganda

 jawaban singkat

 

 

……………………………,

Guru Mata Pelajaran

 

 

                                                                                                               ……………………………

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran    : Bahasa Indonesia

Kelas/ Semester   : XI/ 2

Pertemuan ke                  :

Alokasi Waktu    : 90 menit

 

A. Kompetensi Dasar

       9.1   Merangkum isi pembicaraan dalam  suatu diskusi atau seminar 

 

B. Indikator

  • Mencatat topik diskusi
  • Mencatat pokok-pokok pembicaraan (siapa yang berbicara dan apa isi pembicaraannya)
  • Merangkum seluruh isi pembicaraan ke dalam beberapa kalimat
  • Menanggapi rangkuman yang dibuat teman

 

C. Materi Pokok

Topik diskusi

  1. Gagasan para pembicara 
  2. Pokok-pokok isi diskusi
  3. Rangkuman

 

D. Skenario Pembelajaran

No.

Kegiatan

Alokasi swaktu

Metode

1

 

2

 

 

 

 

 

3

 

Pendahuluan

Penyajian contoh diskusi/ seminar dengan topik tertentu

Inti

  • Mendengarkan diskusi/ seminar  dengan tema/ topik tertentu
  • Merangkum seluruh isi pembicaraan ke dalam beberapa kalimat
  • Menanggapi rangkuman yang dibuat teman

Penutup

Penguatan keterampilan merangkum isi pembicaraan dalam diskusi/ seminar yang disimak

 

5 menit

 

70 menit

 

 

 

 

 

15 menit

 

Ceramah

Tanya jawab

diskusi

inkuiri

demonstrasi

 

E. Media

      1.   televisi/ gagasan para pembicara

  1. Buku Kompeten Berbahasa Indonesia, Erlangga, Jakarta

 

F. Evaluasi

Jenis Tagihan:

  • ·tugas kelompok
  1. tugas kelompok
  2. ulangan

Bentuk Instrumen:

  • ·uraian bebas
  1. pilihan ganda
  2. jawaban singkat

 

 

 

……………………………,

Guru Mata Pelajaran

 

 

                                                                                                               ……………………………

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran    : Bahasa Indonesia

Kelas/ Semester   : XI/ 2

Pertemuan ke                  :

Alokasi Waktu    : 90 menit

 

A. Kompetensi Dasar

12.2  Menulis notulen rapat

 

B. Indikator

  • Mencatat perbedaan dan persamaan antara dua notulen rapat atau lebih
  • Menemukan pola penulisan notulen rapat yang lengkap
  • Menulis notulen rapat

 

C. Materi Pokok

            Contoh notulen rapat

  • unsur-unsur notulen
  • pola notulen

 

 

D. Skenario Pembelajaran

No.

Kegiatan

Alokasi swaktu

Metode

1

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

3

 

Pendahuluan

Pengantar konsep tentang notulen

Inti

  • Mencermati beberapa notulen
  • Mencatat perbedaan   dan persammaaa notulen
  • Menentukan pola penulisan notulen
  •  Mendengarkan fragmen rapat
  • Menulis notulen rapat

 Penutup

Penguatan pemahaman notulen rapat

5 menit

 

70 menit

 

 

 

 

 

 

15 menit

 

Ceramah

Tanya jawab

diskusi

inkuiri

 

E. Media

      1.   Notulen rapat

  1. Buku Kompeten Berbahasa Indonesia, Erlangga, Jakarta

 

F. Evaluasi

 

Jenis Tagihan:

  • tugas Individu
  • tugas kelompok

 

Bentuk Instrumen:

  • uraian bebas
  • pilihan ganda

jawaban singkat

 

 

 

……………………………,

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

                                                                                                               ……………………………

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran    : Bahasa Indonesia

Kelas/ Semester   : XI/ 2

Pertemuan ke                  :

Alokasi Waktu    : 90 menit

 

A. Kompetensi Dasar

      15.1    Mengungkapkan hal-hal  yang menarik dan  dapat diteladani dari tokoh 

 

B. Indikator

  • Mengungkapkan hal-hal yang menarik tentang tokoh dalam buku biografi yang dibaca
  • Merefleksikan tokoh dengan diri sendiri
  • Menemukan tokoh yang mirip pada tokoh lain
  • Menemukan hal-hal yang bisa diteladani tentang tokoh tersebut

 

C. Materi Pokok

Buku biografi tokoh sastra (sesuai dengan daerah masing-masing)*)

  • hal-hal  yang menarik
  • perefleksian tokoh
  • penentuan hal-hal yang dapat diteladani

 

D. Skenario Pembelajaran

No.

Kegiatan

Alokasi swaktu

Metode

1

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

3

 

Pendahuluan

Pengantar konsep dan ilustrasi tentang biografi

Inti

  • Membaca buku biografi tokoh sastra sesuai dengan daerah masing-masing
  • Mengungkapkan hal-hal yang menarik tentang tokoh dalam buku biografi yang dibaca 
  • Merefleksikan tokoh dengan diri sendiri
  • Menemukan tokoh yang mirip pada tokoh lain
  • Menemukan hal-hal yang bisa diteladani tentang tokoh tersebut

Penutup

Penguatan pemahaman penghayatan biografi yang dibaca

5 menit

 

70 menit

 

 

 

 

 

 

15 menit

 

Ceramah

Tanya jawab

diskusi

inkuiri

 

E. Media

      1.   buku biografi

  1. Buku Kompeten Berbahasa Indonesia, Erlangga, Jakarta

 

 

F. Evaluasi

 

Jenis Tagihan:

  • tugas Individu
  • tugas kelompok

 

Bentuk Instrumen:

  • uraian bebas
  • pilihan ganda

jawaban singkat

 

 

 

……………………………,

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

                                                                                                               ……………………………

 

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s